Pengertian Hub,Switch,Modem,Bridge,Dan Nic

Tags

  Kali ini saya akan posting tetang Pengertian Hub,Switch,Modem,Bridge,Dan Nic,buat nambah ilmu bagi yang belum tau

1. HUB
Hasil gambar untuk gambar hub
Hub berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment) bekerja di OSI LAYER 1 . sehinnga Hub hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau pun Concentrator saja,Hub tak mengenal MAC Addressing atau Physical Addressing sehinnga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan sehingga Collision tak bisa dihindari dari penggunaan hub.

2. SWITCH
Hasil gambar untuk gambar switch
Switch

 adalah peranti yang bisa dijadikan pengganti hub di jaringan anda. Switch tidak hanya berlaku sebagai pembagi sinyal, namun juga memfilter paket dan kemudian memforward paket tersebut di jaringan.
merupakan jaringan komputer yang bekerja di OSI LAYER 2 ( DATA LINK LAYER). switch kerjanya sebagai penyambung atau concentrator dalam jaringan komputer. Switch  mengenal MAC Addressing  sehinnga bisa memilah paket data mana yang akan diteruskan.

BACA JUGA TENTANG Fungsi Komponen Motherboard


3. MODEM
Hasil gambar untuk gambar modem
Modem adalah ( Modulator Demulator) yaitu perangkat yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

4. BRIDGE
Hasil gambar untuk gambar bridge
Bridge merupakan komponen jaringan komputer yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan / membuat segmen jaringan.

5. NIC
Hasil gambar untuk gambar nic
Nic ( Network Interface Card) merupakan kartu jaringan yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.

PERBEDAAN ANTARA HUB DAN SWITCH



* Bentuk dan fungsi hub dan switch hampir sama, yaitu sebagai alat transfer data antarkomputer di dalam jaringan, dan keduanya juga sama-sama mempunyai jack RJ-45 untuk berhubungan dengan suatu device, ada baiknya jika kita mengetahui perbedaan antara switch dengan hub ini.
  -  Switch lebih dapat diandalkan dalam membuat jaringan daripada hub.

  -   Hub memiliki beberapa kekurangan yang hanya bisa diakomodir oleh switch, misalnya  hub tidak memiliki fasilitas untuk menangani traffic jaringan dan hanya bisa mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut. Ini berbeda dengan switch yang setiap portnya bisa berguna sebagai bridge(Device yang bisa membagi-bagi sebuah jaringan ke dalam beberapa segmen). Jadi, jika suatu port terhubung dengan sebuah device, device tersebut akan bersifat independen(Bebas/berdiri sendiri) terhadap device lainnya.

   -   Hub hanya bisa bekerja secara half-duplex sedangkan switch bekerja secara full-duplex. Artinya hub merupakan sebuah device yang hanya bisa mengirim atau menerima data pada waktu tertentu sedangkan switch mampu untuk bekerja secara penuh yakni bisa menerima dan mengirimkan data secara bersamaan. Jadi, switch memiliki suatu mekanisme untuk filtering dan forwarding terhadap traffic jaringan yang melewatinya.

    -   Tingkat keamanan hub lebih rendah dibandingkan dengan switch.

    -    Harga hub dipasaran lebih murah dibandingkan dengan switch.

    -    Hub akan mentransmisikan data yang masuk ke semua komputer yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch hanya akan mentransmisikan data yang masuk ke komputer yang membutuhkan/berkepentingan untuk menerima data tersebut.

    -   Hub hanya memiliki satu pengontrol transmisi(Collision control), sedangkan switch memiliki pengontrol transmisi di setiap portnya.

    -    Transfer data switch lebih cepat dibandingkan hub.
 

6 komentar

buat nambah-nambah ilmu mengenai jaringan,

wah nambah ilmu tentang modem jaringan dan lainnya, hampir mirip sama pelajaranku di smk sukses terus gan

Thanks gan .. sekarang saya jadi faham tentang fungsi perangkat jaringan ini :D

perbedaan hub sama switch apa gann ?

Bentuk dan fungsi hub dan switch hampir sama, yaitu sebagai alat transfer data antarkomputer di dalam jaringan, dan keduanya juga sama-sama mempunyai jack RJ-45 untuk berhubungan dengan suatu device, ada baiknya jika kita mengetahui perbedaan antara switch dengan hub ini.
- Switch lebih dapat diandalkan dalam membuat jaringan daripada hub.

- Hub memiliki beberapa kekurangan yang hanya bisa diakomodir oleh switch, misalnya hub tidak memiliki fasilitas untuk menangani traffic jaringan dan hanya bisa mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut. Ini berbeda dengan switch yang setiap portnya bisa berguna sebagai bridge(Device yang bisa membagi-bagi sebuah jaringan ke dalam beberapa segmen). Jadi, jika suatu port terhubung dengan sebuah device, device tersebut akan bersifat independen(Bebas/berdiri sendiri) terhadap device lainnya.

- Hub hanya bisa bekerja secara half-duplex sedangkan switch bekerja secara full-duplex. Artinya hub merupakan sebuah device yang hanya bisa mengirim atau menerima data pada waktu tertentu sedangkan switch mampu untuk bekerja secara penuh yakni bisa menerima dan mengirimkan data secara bersamaan. Jadi, switch memiliki suatu mekanisme untuk filtering dan forwarding terhadap traffic jaringan yang melewatinya.

- Tingkat keamanan hub lebih rendah dibandingkan dengan switch.

- Harga hub dipasaran lebih murah dibandingkan dengan switch.

- Hub akan mentransmisikan data yang masuk ke semua komputer yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch hanya akan mentransmisikan data yang masuk ke komputer yang membutuhkan/berkepentingan untuk menerima data tersebut.

- Hub hanya memiliki satu pengontrol transmisi(Collision control), sedangkan switch memiliki pengontrol transmisi di setiap portnya.

- Transfer data switch lebih cepat dibandingkan hub


EmoticonEmoticon