Pengenalan Sistem Operasi

Tags

kali ini admin Garuda Tkj akan share tentang Pengenalan Sistem Operasi

Hasil gambar untuk sistem operasi
1. Pengenalan sistem operasi komputer, sistem operasi komputer adalah perangkat lunak komputer yang brtugas untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras dan juga operasi - operasi dasar sistem,termasuk menjalankan software aplikasi seperti program - program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. sistem operasi dalam bahasa inggris disebut Operating System, atau biasa disingkat dengan OS.
  sistem operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang di letakkan pada memori komputer (memori komputer dalam hal ini adalah hardisk,bukan memori ram). sedangkan software - software lainya dijalankan setelah sistem komputer berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum tersebut seperti di akses  ke disk, manajemen memori dan antar muka user. sehingga masing - masing software tidak perlu lagi melakukan tugas - tugas inti umum tersebut,karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi tersebut dinamakan dengan kernel suatu sistem operasi memiliki 2 jenis, yaitu sistem operasi close source dan sistem operasi source.

2. Pengenalan sistem operasi close source
   sistem operasi yang bersifat close source atau sumber tutup. merupakan sistem operasi yang menutub/ membatasi akses penggunaan sistem operasi terhadap kode sumber dari sistem tersebut. selain pihak produsen dari sistem operasi tidak dapat melakukan modifikasi kode program perbaikan (path) pada sistem operasi tersebut. contoh sistem operasi yang bersifat close yaitu sistem operasi microsoft ( windows 98,2000,xp,vista,windows 7, dan windows 8) dan sistem operasi dari apple (IOS) sistem operasi close,tentunya yang memiliki kekurangan, dan kelebihan. berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan sistem operasi  close source
  A. kelebihan 
     - penggunaan lebih mudah karena sejak awal mempelajari komputer yang pertama di kenal  adalah sistem operasi close source seperti microsoft.
     - banyak software - software pendukung yang kompetibel.
     - banyak driver - driver dari hadware yang kompetibel.
     - konfigurasi - konfigurasi sistem yang mudah.
   B. kekurangan
     - sebelum digunakan harus membeli licensi  terlebih dahulu.
     - terlalu banyak virus yang menyerang sistem operasi close source.
     - update (path) harus menunggu dari pihak produsen.

3. Pengenalan  sistem operasi open source
   sistem operasi open source merupakan kebalikan dari sistem operasi close source kode sumber dari sistem operasi tersebut terbuka, artinya bahwa setiap orang di perbolehkan untuk melakukan modifikasi, pengembangan dan patch (perbaikan) terhadap sistem operasi tersebut.
 karena sistem ini bersifat open source,maka tidak menutup kemungkinan perkembangan sistem operasi ini sangat pesat dan menyebabkan banyaknya distro - distro baru yang bermunculan.
 berikut di bawah ini beberapa varian distro linux yang paling populer saat ini :
  1. ubuntu
  2.fedora
  3. debian
  selain distro atau linux yang disebutkan di atas, masih banyak lagi aliran - aliran linux yang sangat ini ada walaupun banyak sekali dukungan dari komunitas - komunitas pengguna linux pun pasti memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan tersendiri.
 berikut di bawah ini beberapa kekurangan dan kelebihan linux:
 A. kelebihan
   - tidak harus membeli lisensi untuk menggunakannya.
   - banyak dukungan dari komunitas jika terjadi hal- hal yang menyulitkan
   - banyak pilihan variasi yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.
   - belum banyak virus yang menyerang sistem operasi  open source.
   - setiap orang bisa ikut ambil dalam pengembangan sistem operasi linux.
 B. kekurangan
   - akan terasa cukup sulit digunakan bagi orang awam.
   - masih banyak driver - driver hadware yang belum kompetibel.
   - pengguna pertama pasti akan kebingungan memilih distro yang cocok, di karenakan banyaknya variasi - variasi linux baru yang bermunculan.

This Is The Newest Post

13 komentar

linux itu open source ternyata ya... terimakasih infonya. sangat bermanfaat sekali.

mantap nemu nih blog, ane jurusan tkj, lumayan buat bahan belajar

Oww gitu, makasih infonya gan ijin share

mantap ... jadi inget waktu smk nih :D

kebeneran nih... tadi tik ada tugas gini

makasih infonya gan sangat bermanfaat


EmoticonEmoticon