Pengertian Server Dan Aplikasi Server

Tags

 selamat pagi sobat blogger kali ini admin Garuda Tkj akan post tentang Pengertian Server Dan Aplikasi Server.

1. Pengertian Server dalam bahasa inggris, kata server berasal  dari kata serve yang artinya melayani, meladani, menghidangkan, menyajikan. jadi server dapat di defenisikan sebagai  sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. server didukung denagn prosesor yng bersifat scalable dan ram yang besar, juga dilengkapi dengan sistem opersi khusus, yang disebut sebagai system operasi jaringan atau network operating system. server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat didalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer),dan memberikan akses kepada workstation atau anggota jaringan. umunya didalam sistem operasi server terdapat berbagai macam service yang menggunakan arsitektur klien / server.
contoh dari service ini adalah DHCP SERVER, MAIL SERVER, HTTP SERVER, FTP SERVER, DNS SERVER dan lain sebagainya.
  setiap sistem operasi server umunya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. setiap layanan tersebut akan merespon terhadap request dari klien. sebagai contoh,klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan service DHCP SERVER, ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri. contoh sistem operasi server adalah WINDOWS NT 3.51, dan dilanjutkan denagan Windows NT 4.0. saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 server dan Windows server 2003, kemudian sun solaris, unix, gnu/linux.

2. Aplikasi server 
    A. samba adalah protokol file sharing dan printer sharing untuk menyaingi protokol yang telah ada yakni Novell's IPZ-based. smb ini merupakan protokol file sharing dan printer sharing pertama yang dapat berjalan pada multi protokol (TCP/IP, NETBEUI, IPX/SPX). dengan  kata lain SMB server dapat menggantikan posisi Novell server tanpa harus merubah infrastruktur dari jaringan.
    B. file transfer protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
       dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP server dan FTP client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client. FTP client adalah kompuer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat mendownload, mengupload, merename, mendelete, dll sesuai denagn permission yang diberikan oleh FTP server.
       tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut:
        - untuk tujuan sharing data
        - untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
        - untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
        - untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
      C. DNS ( domain name system) adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah doamain name ke ip address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan ip address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP ADDRESS. dns biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet seperti web browser atau email,dimana dns membantu memetakan host name sebuah komputer ke ip address. selain digunakan di internet dns juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.
       D. WEB server adalah sebuah software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal denagan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umunya berbentuk dokumrn html.web server suatu program (dan juga mesin yang menjalankan program) yang mengerti protokol http dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protokol tersebut.
       E. PROXY server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet. proxy servers bertindak sebagai gateway terhadap dunia internet untuk setiap komputer klien. proxy server tidak terlihat oleh komputer klien seorang pengguna yang berinteraksi dengan internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa  sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya
       F. DHCP ( Dynamic Confiration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor ip  kepada komputer yang memintanya. komputer yang memberikan nomor ip disebut DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor ip disebut sebagai DHCP client.dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor ip secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP,tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP server.

4 komentar

info nya bagusa gan, tambah kembali gan

Makasi info nya gan , lumayan buat nambah+ pengetahuan


EmoticonEmoticon